MIND

Fakta Pertandingan Jerman vs Italia

Jerman menantang Italia dengan membawa rekor pertemuan negatif. Dari delapan kali bentrok di ajang kompetitif, Jerman belum pernah mengalahkan Italia dengan empat kali kalah dan empat kali imbang. Bahkan Jerman, sang juara dunia empat kali dan tiga Piala Eropa, selalu kalah dari Italia di Piala Dunia dan Piala Eropa di fase knock out, termasuk di semifinal Piala Dunia 1970, final Piala Dunia 1982, semfinal Piala Dunia 2006, dan semifinal Piala Eropa 2012. 

Namun, rekor Jerman di babak perempat final Piala Eropa 2016 lebih baik ketimbang Italia. Dari lima kesempatan lolos ke perempat final Piala Eropa, Jerman selalu sukses melaju ke semifinal, sedangkan Italia hanya menang dua kali dan kalah dua kali dari empat kesempatan terakhir di babak perempat final.

Berikut fakta pertandingan Jerman vs Italia seperti dikutip dari laman sindonews.com

  • Gli Azzurri -julukan Italia- menang 2-0 atas Jerman di Dortmund pada semifinal Piala Dunia 2006 berkat gol di akhir perpanjangan waktu dari Fabio Grosso dan Alessandro Del Piero. Gianluigi Buffon adalah kiper untuk Italia saat itu; sedangkan Lukas Podolski dan pemain pengganti Bastian Schweinsteiger tampil untuk Jerman.
  • Italia dan Jerman (Barat) bentrok pada semifinal Piala Dunia 1970, dimenangkan Azzurri 4-3 setelah perpanjangan waktu
  • Jerman belum kebobolan dalam lima pertandingan beruntun (termasuk empat di Piala Eropa 2016) sejak kalah 1-3 dari Slovakia pada laga persahabatan praturnamen.
  • Ini adalah pertandingan pertama Jerman di Bordeaux. Sedangkan bagi Italia merupakan perjalanan kedua menyusul hasil imbang 2-2 dari Cile pada fase grup Piala Dunia 1998.
  • Die Mannschaft -julukan Jerman- berpartisipasi di Piala Eropa dalam 12 edisi beruntun sejak mereka gagal tampil (sebagai Jerman Barat) pada Piala Eropa 1968, yang merupakan partisipasi pertama di kualifikasi.
  • Jerman memenangi Piala Eropa edisi 1972, 1980, dan 1996, serta tiga kali menjadi runner-up. Terakhir kali Jerman absen dari semifinal pada tahun 2004, ketika mereka terhenti di fase grup
  • Kekalahan Italia dari Republik Irlandia pada matchday tiga penyisihan grup, menghentikan empat kemenangan berturut-turut Pasukan Antonio Conte, di mana mereka tidak kebobolan satu gol pun sebelum itu. Mereka juga telah memenangkan lima dari enam pertandingan terakhir mereka, menjaga clean sheet dalam setiap kemenangan.
  • Ini adalah putaran final Piala Eropa kesembilan Italia dan keenam mereka berturut-turut sejak edisi 1992 di Swedia. Hanya dua kali mereka gagal maju dari babak grup – pada tahun 1996 dan 2004.
  • Italia memenangkan Piala Eropa 1968 dan menjadi runner-up dua kali pada tahun 2000 dan 2012.
  • Italia (menang 7, imbang 3) merupakan satu dari empat tim tak terkalahkan di babak kualifikasi bersama Inggris, Austria, dan Rumania. Italia juga memiliki rekor tak terkalahkan terpanjang di kualifikasi Piala Eropa dari 30 pertandingan kualifikasi mereka.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s