COMMENT

Nasu Palekko, Kuliner Pedas Khas Tanah Bugis

Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas yang menjadi daya tarik tersendiri bagi warga lokal maupun warga pendatang. Maka dari itu tak heran bila berbicara tentang kuliner Indonesia seolah tidak ada matinya. Sulawesi Selatan merupakan satu dari ribuan daerah di Indonesia yang memiliki beragam kuliner khas yang siap menggoyang lidah, salah satu menu yang tidak terekspos yakni Nasu Palekko.

Nasu Palekko sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Bugis, yakni Nasu yang berarti Masak dan Palekko yang berarti Wajan yang terbuat dari tanah. Jadi, Nasu Palekko artinya memasak menggunakan wajan yang terbuat dari tanah. Karena dahulu masyarakat Bugis memasak Nasu Palekko dengan menggunakan wajan tanah. Namun seiring perkembangan zaman, Nasu Palekko pun dimasak dengan menggunakan wajan aluminium.

Nasu Palekko merupakan kuliner khas Bugis yang diolah dari bahan baku daging bebek muda. Masakan ini juga biasa disebut sebagai ‘Daging Bebek Cincang’ karena dalam proses pembuatannya daging bebek muda yang sudah disembelih akan dipotong kecil-kecil seperti dicincang. Bebek yang digunakan haruslah bebek muda. Karena hal itu akan mempengaruhi keempukan daging saat disantap.

Masakan yang berasal dari Pinrang dan Sidrap ini memang tak sepopuler Coto Makassar ataupun Sop Konro. Namun soal cita rasa Nasu Palekko juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Rasa pedasnya yang khas membuat lidah seakan meleleh saat menyantap daging-daging kecil ini. Hal itu disebabkan karena perpaduan bumbu yang terdiri dari cabai,  bawang merah, bawang putih, jahe, sereh , garam, bumbu rempah-rempah lainnya serta cuka.

Untuk menghadirkan rasa gurih dari bebek muda ini, proses memasak sebaiknya tidak terlalu lama. Karena hal itu akan menghilangkan rasa gurih dan bebek muda serta menjadikan daging bebek akan terasa lengket ketika dikonsumsi.

Bagi pecinta kuliner pedas dan gurih, akan sangat disayangkan bila belum mencicipi Nasu Palekko. Rasa pedas gurihnya akan segera lumer di lidah saat disantap. Akan lebih nikmat jika menyantapnya di siang hari. Karena rasa pedas yang dihasilkan akan berpadu dengan teriknya sinar Matahari sehingga memberikan sensasi rasa yang luar biasa.

Salah satu rumah makan yang menyajikan Nasu Palekko ini yaitu Warung Nasu Palekko milik Ibu Arni. Warung makan yang terletak di jalan Perintis Kemerdekaan km 12 ini menyajikan menu Nasu Palekko sebagai menu utama. Letaknya yang persis berada di pinggir jalan poros membuatnya mudah ditemukan.

Warung Nasu Palekko yang telah berdiri sejak tahun 2007 ini menawarkan Nasu Palekko dengan cita rasa pedas yang original. Warung ini juga menyediakan irisan Lemon untuk menghilangkan rasa amis dari bebek. Untuk merasakan sensasi pedas Nasu Palekko ini, pelanggan perlu merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 per porsi. Dengan itu pelanggan sudah bisa menikmati sepiring hidangan Nasu Palekko lengkap dengan nasi.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s