MIND

Klaksonmu, Harimaumu

Kemacetan sudah bukan lagi pemandangan langka di Indonesia, khusunya Makassar. Volume kendaraan yang kian  hari kian meningkat menjadi salah satu pemicu terjadinya kemacetan. Kepemilikan kendaraan yang sangat dipermudah dan sewa angkutan umum yang relatif lebih mahal membuat warga lebih cenderung memilih kendaraan pribadi sebagai alat transportasi. Namun, bukan itu yang menjadi bahasan utama, melainkan adanya fenomena suara klakson di tengah padatnya arus lalu lintas.

Entah apa yang ada dalam pirkirian mereka yang terus saja membunyikan klakson di tengah kemacetan. Mereka tentu tahu bahwa hal itu tidak akan mengurai kemacetan. Hal itu justru hanya akan menjadikan pengendara dan pengguna jalan lainnya merasa terganggu dan semakin stress. Bayangkan saja jika kemacetan terjadi di siang hari lalu berpadu dengan suara raungan mesin kendaraan yang minta agar segera dilajukan dan suara bising klakson yang sangat menusuk telinga. Pastilah sangat mengganggu. Bagaimana jika ada pengendara yang kaget karena mendengar suara klakson? Siapa yang akan bertanggung jawab jika itu terjadi? Tentu kita tidak ingin jika hal semacam itu terjadi. Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita bijak dalam menggunakan jalan raya.

Jalan raya bukan hanya menjadi milik kita sendiri, tetapi milik seluruh warga Indonesia. Membunyikan klakson bisa menimbulkan kesan angkuh jika yang melakukan adalah pengemudi mobil. Terkadang ada pengemudi mobil yang memang dengan sengaja mengklakson seolah-olah “mengusir” pengguna jalan lain yang dianggap menghalangi jalannya. Padalah semesetinya klakson hanya digunakan saat hanya perlu, misalnya saja bagi pengendara  sepeda motor yang mengklakson pada pengemudi mobil yang sedang mundur untuk memberi tahu keberadaannya di belakang mobil agar tidak terjadi tabrakan. Untuk itu, kita perlu tahu kapan harus mengklakson dan tidak mengklakson.

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s