MIND

Jangan Pilih Kasih dalam Tolong-Menolong

Kadang kita bersikap baik hingga berlebihan kepada seseorang yang kita percayai. Di saat yang sama banyak pula orang yang bersikap tidak peduli pada orang lain. Bahkan ada yang cenderung memerangi ketika berbeda pendapat dengannya. Seharusnya kita tidak boleh pilih kasih dalam bertindak. Ketika kita berniat menolong orang lain , maka sebaiknya tidak memandang latar belakangnya. Apapun agamanya, pendidikan apa, dari daerah mana, atau apapun itu, jika memang berniat menolong maka  langsunglah menolongnya.

Ironisnya, masih banyak dari kita yang masih suka pilih kasih dalam menolong. Padahal Islam tidak pernah menganjurkan kita untuk pilih kasih. Karena Allah juga tidak pernah pilih kasih kepada hamba-hamba-Nya. Kita juga terkadang pilih kasih dalam kehidupan bertetangga. Padahal Rasulullah telah mengajarkan kepada kita untuk saling berbagi.

Seringkali kita sesama muslim juga saling bertengkar. Persoalan sepele seperti salah paham kerap menjadi pemicu pertengkaran. Lebih parahnya lagi, ada juga kelompok tertentu dalam Islam yang melarang kelompok lainnya untuk masuk ke mesjid di wilayah tertentu. Mengapa itu terjadi? Bukankah masjid menjadi hak bagi setiap umat Islam? Siapapun itu, selama ia muslim, maka tentu punya hak beribadah di masjid. Karena Al-Qur’an tidak pernah mengajarkan untuk pilih kasih kepada kelompok tertentu.

Kita juga sering menemukan fakta banyaknya muslim yang mendapat perlakuan tidak adil dari ormas muslim lainnya. Bahkan ada yang mengucap takbir sebelum memukul saudara seimannya. Sebenarnya apa yang membuat sesama muslm kadang memerangi muslim lainnya? Bahkan ada juga yang tega melarang umat agama non muslim untuk beribadah di rumah ibadahnya. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa kita harus pilih kasih? bukankah mereka juga manusia yang memiliki hak yang sama dengan kita?

Maka dari itu, mari kita berikan perlakuan yang sama kepada setiap manusia. Mari kita hilangkan kebencian yang selama ini menyelimuti hati kita. Hindarkan diri kita dari sifat negatif yang berpotensi memic pertengkaran. Mari menciptakan kedamaian. Jagalah kerukunan antar umat beragama demi menghindari konflik yang mengatasnamakan agama. Jangan pilih kasih saat ingin berbuat baik. Lupakan perbedaan suku, agama, ras atau apapun yang berbeda. Karena semua sama-sama makhluk ciptaan Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s