STORY

Jangan Buang Uang Koinmu!

Uang merupakan alat pembayaran yang sah dalam transaksi perdagangan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Di Indonesia sendiri uang yang beredar berupa uang kartal yaitu uang kertas dan uang koin. Meski begitu, kebanyakan orang justru bertransaksi dengan menggunakan uang kertas dibandingkan dengan uang koin. Nominalnya yang terbilang kecil membuat uang koin kerap dilupakan bahkan terkadang hanya ditelantarkan oleh si empunya.

Alasan berat dan rempong dibawa ke mana-mana juga menjadi faktor mengapa orang malas menggunakan uang yang terbuat dari logam ini. bukan Cuma pembeli saja yang malas membawanya, si penjual pun juga kadang enggan menerima uang koin. Tidak semua begitu hanya saja ada beberapa toko yang terang-terangan menolak penggunaan uang koin alias uang receh.

Suatu ketika saya pergi ke sebuah counter pulsa karena hendak membeli pulsa. Di atas meja terpampang tulisan yang berbunyi “Tidak Terima Uang Receh/ Koin dan uang Kusut”. Toko pulsa ini adalah satu dari sekian toko yang menolak pembeli yang berbelanja dengan uang receh. Padahal uang koin adalah uang juga dan masih menjadi alat pembayaran yang sah. Mungkin si penjual malas menghitung uang recehan yang bisa menghabiskan  waktu berjam-jam.

Memang terkadang kita pun juga bingung saat memiliki banyak uang receh. Karena kita tidak mungkin memasukkan semuanya ke dalam dompet karena pasti akan berat. Karena hal ini akhirnya kita jadi malas memiliki uang receh. Alhasil uang koin hasil kembalian saat belanja malah tidak kita ambil dan dibiarkan begitu saja dengan alasan ‘diikhlaskan’. Bahkan kita juga tidak merasa kehilangan saat uang pecahan 100, 200, atau 500 Rupiah kita tercecer. Tapi pernahkah kita berpikir sudah berapa banyak uang yang kita buang hanya karena malas membawanya?

Meski nominal dan ukurannya kecil, bukan berarti uang koin tidak ada gunanya. Uang koin memiliki segudang manfaat yang bahkan melebihi manfaat uang kertas. Jika uang kertas hanya digunakan sebagai alat pembayaran, maka lain halnya dengan uang koin. Tidak hanya sebatas alat pembayaran, uang koin bisa mengajarkan banyak hal. Salah satunya adalah menabung.

Saat kecil orang tua kita tentu pernah mengajarkan untuk menabung. Tabungan yang dimaksud adalah sebuah celengan yang berbentuk lucu. Di celengan itulah kita memasukkan uang koin yang diberikan orang tua. Saat celengan tersebut menjadi berat, maka perasaan bangga pun akan muncul dan betapa senangnya kita saat celengan tersebut dibuka. Betapa bahagianya kita saat melihat ada banyak sekali uang yang keluar dari celengan tersebut.

Meski kita pernah melakukannya saat kecil, tapi tidak ada salahnya juga jika kita masih menerapkannya saat ini. Saya pun termasuk salah satu orang yang hingga kini masih setia menabung uang koin. Bukan apa-apa, saya hanya merasa tertarik saja untuk melakukannya dan ada rasa senang tersendiri kala uang tersebut berhasil terkumpul dan menjadi uang kertas dengan nominal yang besar.

Caranya mudah saja, kita bisa menukarkannya di minimarket atau warung terdekat. Mereka tentu membutuhkan uang receh untuk kembalian. Kita semua pasti pernah merasakan saat uang kembalian kita ditukar dengan permen lantaran si penjual tidak punya uang kecil. Padahal hal itu sebenarnya tidak adil. Kita sebagai konsumen tetap berhak atas uang kembalian meskipun hanya sebesar 100 Rupiah. Maka dari itu, jika uang receh yang kita kumpulkan telah banyak maka segera tukarkan. Tentunya kedua pihak akan sama-sama untung.

Masih ada banyak sekali manfaat uang koin yang bisa kita rasakan. Mulai dari sebagai alat kerokan, alat pembayaran yang pas, hingga sebagai alat untuk beramal karena kita bisa memberikan uang koin yang kita miliki pada orang yang lebih membutuhkan. Sekecil apapun akan sangat bermanfaat. Maka dari itu, jangan buang uang receh jika tidak ingin kehilangan manfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s